Visi Dan Misi Program Studi Akuntansi

VISI Program Studi Akuntansi

Menjadikan Program Studi Akuntansi yang Andal dan Teruji dalam Bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, dan Akuntansi Pemerintahan yang mampu bersaing pada tingkat nasional maupun global yang dilandasi  dengan nilai Islami, Bermartabat mulia, Dicintai Masyarakat, serta Diridhoi Allah SWT pada tahun 2025.

Misi Program Studi Akuntansi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dibidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, dan Akuntansi Pemerintahan dengan kurikulum berbasis kompetensi  sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global.
  2. Menyelenggarakan penelitian  guna pengembangan keilmuan dibidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, dan Akuntansi Pemerintahan  sehingga dapat memberikan alternative pemecahan masalah.
  3. Berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmu akuntansi dan kewirausahaan serta melaksanakan Dakwah Islamiyah sehingga dicintai masyarakat dan di Ridhoi Allah SWT.
  4. Melakukan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam maupun luar negeri, baik untuk kepentingan peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan, penyerapan lulusan sebagai tenaga ahli yang kompeten, maupun penerapan ilmu akuntansi yang berbasis hasil penelitian.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki profesionalisme yang memiliki kemampuan akademik sesuai dengan konsentrasi yang dipilih, dan mampu bersaing secara nasional maupun global bermartabat mulia yang selalu dilandasi dengan nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan karya penelitian ilmiah dan terapan dalam bidang Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, dan Akuntansi Sektor Publik yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan pemecahan masalah dalam masyarakat.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat sebagai implementasi ilmu akuntansi, dan menghasilkan wirausaha-wirausaha tangguh, mandiri dalam kompetensi nasional maupun global, yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah.
  4. Terwujudnya kerjasama dalam melaksanakan magang, penelitian mahasiswa dan dosen, pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk studi lanjut, perekrutan tenaga kerja, dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Melaksanakan kegiatan dakwah islamiyah melalui pelatihan, pembacaan Al Qur’an, bilal mayit, safari ramadhan secara berkelanjutan.